Jumat, 20 April 2018

BAB Bayi MPASI

Mengamati tumbuh kembang bayi selalu menjadi pengalaman menakjubkan bagi orang tua, apalagi saat menyaksikan mereka mulai mengonsumsi MPASI (Makanan Pendamping ASI). MPASI merupakan bentuk perkenalan si kecil dengan makanan padat pertama setelah si kecil berusia 6 bulan ke atas.
Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi si kecil bisa dipenuhi oleh ASI eksklusif maupun susu formula setelah si kecil memasuki usia 6 bulan. Pasalnya, saat usianya mencapai 6 bulan, si kecil sudah memiiki sistem imun yang lebih kuat dan membutuhkan nutrisi ekstra terutama zat besi sehingga MPASI menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.
Pada saat mulai memperkenalkan si kecil dengan MPASI, beberapa orang tua memulai MPASI bahkan sedini usia 4 bulan. Jika Ibu juga merasa ingin memberikan makanan padat sebelum usia 6 bulan silahkan diskusikan terlebih dahulu dengan dokter anak. Saat mengawali MPASI pada usia 6 bulan, makanan yang disarankan adalah jenis makanan yang mengandung banyak serat dan banyak air, biasanya ditemukan pada buah-buahan, seperti pisang, apel, peach, buah pir. Ibu dapat menambahkan sedikit susu formula kedalam pure buah ini agar si kecil terbiasa dengan rasa makanan padat.
Sekedar informasi, bahwa saat bayi berusia 6 bulan, maka ASI sudah tidak lagi bisa mencukupi nutrisinya, sehingga bayi membutuhkan makanan ekstra yakni MPASI agar kebutuhan nutrisi bayi tercukupi.
Ketika beragam makanan sehat mulai dikonsumsi si kecil, maka makanan padat tersebut juga memberikan dampak pada poop bayi. Terdapat 4 hal yang dapat Ibu amati dari BAB bayi, seperti:
1. BAB bayi MPASI menjadi lebih bau
Saat si kecil masih mengonsumsi ASI Eksklusif atau susu formula, maka pup bayi tidak begitu bau. Namun setelah ia memasuki masa mengonsumsi MPASI, si kecil akan mengeluarkan poop yang bau. Hal ini dikarenakan bayi mulai mengonsumsi makanan lain, selain ASI sehingga akan mempengaruhi poop yang dikeluarkannya pula.
2. BAB bayi MPASI lebih berwarna
Sebelum memulai makanan solid, mungkin warna pup bayi adalah kuning kecokelatan. Namun setelah mengkonsumsi MPASI, poop si kecil akan lebih padat dan mengalami perubahan warna, mengikuti jenis makanan yang dikonsumsi.
Contohnya, jika Ibu memberi si kecil Ibu pure bayam akan membuat warna poop bayi menjadi agak kehijauan, sedangkan jika dia sehabis mengkonsumsi pure wortel, warna poop-nya juga berubah menjadi warna oranye cerah. Namun, jangan khawatir karena hal ini normal. Begitu sistem pencernaan si kecil mulai kuat, poop si kecil akan berubah warna menjadi warna normal, terlepas dari apa yang ia makan.
3. BAB bayi MPASI lebih padat
Ketika memasuki masa MPASi si kecil akan memiliki poop yang lebih padat secara konsistensi dan lebih berbentuk.  Hal ini pertanda bahwa si kecil Ibu sudah mulai memiliki sistem pencernaan yang kuat.
4. BAB bayi MPASI terlihat seperti makanan tidak tercerna
Ketika Ibu melihat adanya poop yang berbentuk makanan yang tidak dicerna. Namun, Ibu tidak perlu khawatir karena hal ini adalah pertanda bahwa sistem pencernaan si kecil mulai belajar menangani potongan makanan.
Beberapa ciri-ciri poop normal si kecil setelah memasuki masa MPASI ini dapat dijadikan acuan untuk mengetahui kondisi kesehatan si kecil. Perlu Ibu ketahui, ketika si kecil mulai diperkenalkan dengan bentuk nutrisi baru, kemungkinan si kecil terkena konstipasi (sulit buang air besar) semakin meningkat.
Mengapa demikian? Saat si kecil beralih mengonsumsi makanan padat, hal ini tentunya membutuhkan penyesuaian di dalam pencernaan si kecil. Hal itulah yang menyebabkan si kecil mengalami susah buang air besar. Apalagi jika yang diberikan langsung berupa makanan minim serat, seperti nasi atau roti. Untuk meminimalisir resiko konstipasi tersebut, berikan makanan kaya serat dan yang mengandung banyak air kepada si kecil Ibu.
Enfa berbagi tips bagaimana mengatasi konstipasi pada bayi sehingga ibu tidak panik ketika si kecil susah buang air besar.

Sumber :
startbabyonsolids.com/baby-solid-foods-reactions/baby-poop-changes-after-solids/
madeformums.com/baby/baby-constipation-and-weaning---best-foods-and-advice/36108.html
homemade-baby-food-recipes.com/baby-constipation-and-solid-foods/
babycentre.co.uk/x1051573/my-babys-poo-has-changed-now-that-hes-on-solids-is-this-normal
babyledweaning.com/
kkh.com.sg/HealthPedia/Pages/FoodNutritionWeaning.aspx
madeformums.com/baby/whats-the-best-feeding-routine-at-6-months/36096.html
babycentre.co.uk/a546661/which-foods-to-introduce-when
madeformums.com/baby/is-it-safe-to-start-weaning-at-4-or-5-months/36085.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ADIDAS BARCELONA CITY SERIES 2020

 ADIDAS BARCELONA CITY SERIES 2020 Seri Kota adidas pertama kali diluncurkan pada tahun 70-an dan 80-an dan kota-kota bersejarah di seluruh ...